SEO Off Page

SEO Off Page adalah salah satu bagian terpenting dari strategi SEO yang sukses. Jika website Anda ingin naik ke peringkat pertama Google dan mendapatkan lebih banyak pengunjung organik di tahun 2021, maka Anda tidak boleh menghiraukan faktor-faktor penting di luar website Anda.

SEO layaknya sebuah puzzle yang akan lengkap bila sudah menerapkan 5 teknik seperti yang sudah disebutkan pada artikel panduan awal belajar SEO, yaitu On Page, Off Page, keyword research, technical SEO, dan backlink. SEO web Anda akan sempurna bila semuanya sudah dioptimalkan, dimana setiap teknik akan kami bahas satu per satu.

Khusus pada panduan ini, kita akan mempelajari lebih dalam tentang SEO Off Page, mulai dari definisi, pemahaman, cara kerja, bagaimana pentingnya, cara optimasinya, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan optimasi SEO Off Page.

 

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah semua teknik SEO yang dilakukan di luar website yang akan dioptimasi (benar-benar dilakukan tanpa melakukan perubahan di website) agar mempengaruhi kredibilitas website itu sendiri sehingga bisa masuk ke halaman (bahkan) urutan pertama hasil pencarian Google.

SEO Off Page sering hanya disebut dengan teknik mendapatkan backlink. Pada kenyataannya, Off Page jauh lebih kompleks dibandingkan sekedar mencari backlink, masih ada banyak trik Off Page yang harus dijalankan jika Anda ingin memenangkan kompetisi di Google.

Meski tidak terlihat dan berdampak secara langsung ke dalam website, penerapan Off Page akan tetap mempengaruhi kredibilitas dan authority web Anda di mata Google dan pengguna internet, terutama ketika Anda sudah mengenal apa itu Google Analytics dan cara menggunakannya, maka Anda bisa mengetahui data hasil kerja keras optimasi SEO Off Page Anda.

Jadi, kalau ada yang bertanya tentang perbedaan On Page dengan Off Page SEO, sudah jelas bahwa:

  • SEO On Page: Optimasi SEO yang dilakukan di dalam website.
  • SEO Off Page: Optimasi SEO yang dilakukan di luar website.

Untuk menjawab rasa penasaran orang-orang kenapa perlu adanya optimasi yang dilakukan di luar website, kami sudah merangkumnya dalam bagian kenapa membutuhkan SEO Off Page berikut ini.

 

Kenapa SEO Off Page itu Penting?

Fokus dari setiap upaya penerapan SEO Off Page adalah membangun kredibilitas dan authority website di lautan internet yang sangat luas, dimana ada banyak website yang sudah lebih dulu dibangun dan mendapatkan kepercayaan yang tinggi di hati users.

mendapatkan kredibilitas baik dari google dan users

Bagaimana dengan website Anda yang baru dibangun? Tentu kredibilitasnya masih akan dipertanyakan oleh users yang ingin mengunjunginya. Bila tidak didukung dengan upaya membangun kepercayaan, terus menerus website Anda hanya akan berada di peringkat bawah hasil pencarian Google.

Di sisi lain, Google akan selalu memperbaharui algoritma dan metriks yang mempengaruhi peringkat website di hasil pencarian, agar setiap users menggunakannya akan mendapatkan hasil pencarian dari website yang bernilai dan berkualitas.

Dari sekian banyak algoritma Google, kredibilitas sebuah website tetap menjadi faktor yang mempengaruhi, seperti yang telah dijelaskan pada situs resmi Google,

“…Untuk menilai keterpercayaan dan keabsahan halaman terkait materi yang dibahas, kami mencari situs yang tampaknya dianggap penting oleh pengguna untuk kueri yang serupa. Jika situs terkemuka lain yang membahas materi tersebut menautkan ke halaman, berarti informasi tersebut berkualitas tinggi”.

Bagaimana kita bisa membangun kredibilitas tersebut? Mari kita bahas satu per satu di bagian berikut ini.

 

7 Teknik Optimasi SEO Off Page yang Terbukti Berhasil

Mari kita lihat satu per satu dari 7 teknik optimasi SEO Off Page berikut ini.

1. Backlink

Backlink bisa disebut sebagai teknik prioritas pertama ketika Anda ingin mengoptimasi Off Page sebuah website, mengingat bahwa Google akan menganggap website Anda memiliki informasi berkualitas tinggi jika ditautkan dari website orang lain. Sayangnya, ada banyak kesalahan persepsi tentang backlink yang dibicarakan oleh banyak orang di luar sana.

Tujuan dari backlink adalah meningkatkan kredibilitas lebih tinggi karena mendapatkan tautan dari website yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan kredibilitas tinggi dari Google. Yang harus difokuskan dalam mencari backlink bukan hanya sekedar jumlahnya, tapi seberapa kuat kredibilitas website tersebut.

Setidaknya, ada 3 faktor yang mempengaruhi kualitas backlink:

  • Authority: Skor dari sebuah website gabungan dari nilai keseluruhan kualitas website yang bisa dibuat oleh beberapa tools SEO. Skor ini diukur berdasarkan kualitas & kuantitas backlink, link nofollow & dofollow, jumlah organic traffic, serta jumlah active users.
  • Referral Domains: Jumlah website unik yang menautkan link ke dalam website Anda. Unik disini maksudnya adalah hanya dari 1 domain. Jika Anda mendapatkan 10 backlink dari 1 website, maka itu akan dianggap 1 referral domains.
  • Relevancy: Pemilik website atau media besar biasanya akan memberikan tautan referensi ke website yang topiknya relevan dengan apa yang mereka bahas. Oleh sebab itu, perlu dipahami bahwa tidak semua web bisa memberi backlink yang bagus untuk website Anda. Jika website Anda membahas tentang travelling, lebih baik dapatkanlah backlink dari blog/media/website yang membahas travelling juga.

Untuk melakukan pengecekan terhadap backlink yang sudah website Anda dapatkan, Anda bisa backlink checker dari Dimia.id.

backlink checker tools

2. Social Signal

Ini tahun 2021, dan kita hidup di dunia yang mana sosial media. Survey APJII menunjukkan bahwa 24,7% dari 197 juta pengguna internet di Indonesia memilih menjadi pengguna internet karena ingin bermain di sosial media.

Meskin Google tetap menjadi portal besar users mencari informasi, faktanya sosial media juga memiliki peran penting. Sebagai users, tidak jarang kita melihat informasi baru dan memutuskan untuk membeli sesuatu karena telah mencarinya atau telah menemukannya melalui sosial media.

Apa hubungannya dengan SEO sebuah website?

Hubungan tersebut terletak pada branding yang Anda bangun melalui sosial media. Semakin banyak brand Anda disebut di berbagai sosial media untuk keyword yang ditargetkan, semakin ada harapan untuk membuat website Anda berada di peringkat pertama Google untuk keyword tersebut.

Semakin sering juga brand Anda disebut, semakin tinggi jumlah orang yang akan mencari informasi brand Anda di Google. Seperti yang telah terjadi pada Tesla, ketika Elon Musk aktif berkicau di sosial media, bulan demi bulan jumlah orang yang penasaran dengan Tesla semakin banyak.

social signal dari elon musk ke tesla

3. Content Marketing

Saat orang-orang membicarakan content marketing, mudah bagi mereka menganggap bahwa ini hanya bagian dari optimasi SEO On Page -bagian dari membuat konten di sebuah website, membuat judul yang menarik, internal linking dan lain sebagianya.

Strategi content marketing harus lebih daripada itu.

Eksekulilah setiap ide konten menjadi sebuah konten yang sangat menarik. Membuat setiap orang merasa mendapatkan suatu hal yang berharga, serta membuat mereka secara sukarela memberikan tautan balik (backlink) ke dalam konten yang Anda buat.

Strategi ini pernah diterapkan oleh iprice.com Indonesia, saat mereka membuat landskap ecommerce di Indonesia, mereka eksekusi ide tersebut secara maksimal. Hasilnya? Membuat banyak media besar secara sukarela memberikan backlink ke iprice, termasuk Kompas, Detik, Okezone dan masih banyak media lainnya.

Beberapa teknik yang biasanya digunakan untuk mengeksekusi content marketing dengan baik antara lain:

  • Artikel blog
  • Infografis
  • Survey, studi, dan riset
  • Ebook, dan paper

Meski tidak mudah untuk melakukannya, Anda perlu untuk mencobanya terlebih dahulu.

4. Google My Business

Google My Business (GMB) punya peran penting untuk sebuah bisnis yang ingin bersaing secara online, mengingat tidak sedikit keyword yang hasil pencariannya akan menampilkan GMB di peringat teratas. Seperti ketika Anda mencari informasi tentang “kursus SEO jakarta”.

GMB kursus SEO Jakarta

Karena GMB bukan merupakan website Anda sendiri, sudah bisa dipastikan bahwa ini merupakan salah satu teknik SEO Off Page. Jangan lupa juga setiap bisnis yang didaftarkan ke GMB bisa memberikan backlink yang bagus untuk website kita.

Belakangan ini dikabarkan bahwa sekitar 46% dari semua hasil pencarian di Google merupakan pencarian yang merujuk ke lokasi suatu tempat -dan tentu Google akan menampilkan GMB sebagai posisi teratas.

5. Influencer Marketing

Influencer marketing telah hadir selama 2 tahun belakangan ini. Posisinya menggantikan blogger yang dulu masih sering diminta tolong untuk membuatkan konten bersponsor di blog mereka. 2021 ini sudah berbeda, dimana konten bersponsor jauh lebih efektif melalui influencer.

Anda tidak perlu khawatir jika influencer tidak bisa memberikan backlink menuju ke website. Karena, SEO bukan hanya tentang backlink.

Influencer marketing bisa membantu Anda menggaungkan bisnis Anda di internet, membuatnya menjangkau audiense baru, meningkatkan brand awareness, memperkuat konten yang selama ini sudah dibuat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sinyal dari sosial media yang menunjukkan semakin seringnya brand Anda disebut di sosial media menjadi alat bagi Google untuk memastikan bahwa bisnis Anda benar-benar ada, bisa dipercaya, dan telah hadir di internet.

6. Event

Event memang jalan yang tepat untuk mencari calon pelanggan baru. Kini, event hadir jauh lebih banyak dan mudah dioperasikan. Melalui Youtube, Zoom, Gmeet, ataupun tools webinar lainnya, Anda bisa membuat event yang menarik.

Keterlibatan acara seperti ini akan mengundang banyak antusiasme users yang pada akhirnya memberikan sinyal dan menjadi alat konfirmasi Google tentang kehadiran bisnis Anda.

Sangat direkomendasikan juga untuk membagikan event yang Anda selenggarakan di website listing seperti loket.com dan tiket.com agar menjangkau lebih banyak konsumen serta kesempatan baru untuk menyisipkan backlink ke website utama.

7. Review

Apakah disini ada yang menganggap review tidak akan mempengaruhi performa SEO web Anda? Jika ada, Anda salah besar.

Review punya peran penting bagi Google untuk menentukan seberapa berkualitasnya website tersebut masuk ke peringkat pertama. Bahkan, Google Quality Algorithm telah menekankan hal tersebut penting.

Tentu pentingnya review sangat masuk akal, mengingat Google adalah search engine yang mengedepankan keinginan users. Bila users saja tidak suka dengan bisnis Anda dan menulis sesuatu yang buruk di dalam kolom review, Google pun akan tidak menyukai web Anda.

Lebih daripada itu, riset yang ditunjukan oleh Podium menampilkan bahwa review di media online mempengaruhi 93% orang dalam memutuskan untuk membeli produk Anda atau tidak. Oleh sebab itu, jangan pernah remehkan review, dimanapun itu.

pentingnya review di internet

 

SEO Off Page Lebih dari Sekedar Link Building

Jadi, bisa kita simpulkan bersama bahwa SEO Off Page lebih kompleks dari sekedar link building. SEO Off Page adalah brand building, membuat bisnis Anda bisa menjangkau audiens baru, meningkatkan kredibilitas, dan membuat orang-orang yakin aman untuk bertransaksi dengan Anda.

Nikmatilah setiap perjalanan dalam mengoptimasi web Anda dari sisi Off Page. Ada banyak pekerjaan di luar pikiran Anda yang tidak disadari bahwa pekerjaan tersebut merupakan salah satu upaya memperkuat brand Anda di mata users dan Google.

Kunjungi artikel kategori SEO di digimind.id untuk mendapatkan referensi tentang SEO lebih banyak, atau kunjungi artikel “apa itu SEO?” untuk mempelajari SEO dari awal.