1. Buat dan Bagikan Konten-Konten Original

Penggunaan Konten original di Facebook mengalami peningkatan drastis dari tahun ke tahun dan dikenal dapat membantu menarik Engagement audience secara nyata.

Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pemilik bisnis berlomba-lomba dalam membuat konten original yang dapat menarik banyak audience di Facebook. Kebanyakan dari konten yang beredar berupa video, karena video merupakan media audiovisual yang sempurna untuk menarik perhatian pengguna Facebook

 

Rata-rata video yang dibagikan di Faceebook menurut Buzzsumo

 

Menurut Studi yang dilakukan  oleh Impulsive Creative, sebuah postingan Video di Facebook 90% lebih menarik banyak audience daripada postingan berbasis link, dan 40% lebih banyak ketimbang postingan berbasis photo.

Bahkan menurut SocialBaker mengemukakan bahwa konten berbasis video meningkatkan pencarian organik mereka sebesar 135%.

 

Berikut ini ada beberapa tips untuk anda agar video yang anda posting bisa menarik lebih banyak viewer dan mendapatkan Engagement lebih baik.

  • Usahakan agar dalam 3-5 detik pertama, lakukan hal yang dapat menarik perhatian viewer anda. Seperti intro dengan sedikit candaan.
  • Buat gesture atau gerakan-gerakan yang membuat viewer anda penasaran, karena 85% viewer tidak menggunakan suara ketika melihat video
  • Gunakan kata-kata yang jelas, dan sesingkat mungkin pada deskripsi video anda
  • Tambahkan tombol Call-to-Action (CTA) pada video anda seperti  “Lihat Video yang lainnya” di bagian akhir agar mereka tertarik untuk melihat koleksi video anda yang lainnya.

 

  1. The Power of Facebook Live

Facebook Live Video diluncurkan oleh Facebook pada April tahun 2016. Sejak saat itu Facebook live berhasil membantu para pebisnis menghubungkan mereka dengan audience pada tingkatan yang lebih tinggi daripada jenis konten yang lainnya

 

Seperti yang kamu lihat, Mark Zuckenberg melakukan Facebook live di Berlin dan berhasil menarik viewer sebanyak 3.2 juta orang. Hebat bukan ? bayangkan jika hal tersebut terjadi pada anda. Tentunya brand anda akan lebih dikenal banyak orang.

Berikut ini adalah langkah-langkah dasar yang anda perlukan sebelum menggunakan fitur Facebook live :

  1. Cari topic pembahasan untuk Live Video anda yang tidak hanya relevan dengan target audience melainkan menarik untuk dilihat
  2. Sebarkan berita bahwa dalam waktu dekat anda akan melakukan facebook live pada waktu dan tanggal tertentu dengan membuat suatu event di facebook.
  3. Download Facebook Page app (Android/Iphone)  untuk melakukan broadcast pada Live Streaming video kamu
  4. Gunakan perlengkapan kamera yang tepat, dan lakukan uji coba agar kamera yang digunakan dipastikan berjalan dengan baik
  5. Pastikan agar menggunakan ruangan yang memiliki pencahayaan yang cukup
  6. Buka Facebook Page app anda dan tekan tombol “live video” untuk memulai facebook live kamu sendiri

 

 

  1. Pelajari apa yang Kompetitor Lakukan

Pastinya, kebanyakan waktu yang kamu habiskan hanya digunakan untuk menganalisa perfoma konten yang kamu buat. Namun, mengawasi apa saja yang dilakukan kompetitor kamu tidak kalah penting.

Kamu tentunya tidak ingin mereka menyalip bisnismu bukan ? Untungnya, Facebook membuat segalanya menjadi mudah. Kamu hanya perlu menuju ke page yang kamu buat, lalu pilih menu Insight yang ada di bagian atas. Lalu scroll ke bawah untuk melihat page serupa

 

Gambar diatas merupakan contoh data dari kompetitor anda begitu anda meng “add” page mereka. Untuk melakukan hal tersebut kamu hanya perlu mengklik tombol “Add Pages”.

 

 

Begitu kamu meng-add page mereka, kamu dapat dengan jelas memonitoring top konten dari halaman page mereka. Memberikan anda gambaran mengenai konten mereka dalam hal mendapatkan engagement.

Ketika menganalisa kompetitor, ada 3 aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memonitoring konten mereka :

  • Post seperti apa yang memberikan hasil
  • Topik konten yang mereka gunakan
  • Bagaimana Style / tone dari konten yang mereka gunakan

Hal ini bukan berarti kamu meniru apa yang mereka buat. Melainkan memberikan kamu gambaran bagaimana seharusnya membuat konten yang dapat mengalahkan konten kompetitor

 

  1. Hindari penggunakan Konten Berbasis Clickbait

Membuat postingan yang relevan dan disukai audiens membuat kamu lebih mudah menarik minat mereka, hal seperti mengacu pada natural conversation atau percapakan yang terjadi secara alami yang mana membuat facebook tertarik dengan postinganmu.

Semua komentar yang ada pada postingan kamu adalah bagian dari jenis percakapan tersebut, yang nantinya akan meningkatkan pencarian organik Facebook kamu sendiri.

 

Meskipun dengan konten berbasis klik bait postingan anda jadi dilihat audience anda, namun anda hanya akan meninggalkan kesan yang buruk pada mereka. Karena jaman sekarang sudah banyak orang yang sadar betapa meresahkannya jenis konten tersebut.

Sangat disarankan agar kamu menghindari penggunaan jenis konten clickbait, karena hanya akan menurunkan kualitas Page Facebook anda. Usahakan buat konten yang dengan natural menarik minat audience.

Karena hal tersebut merupakan bagian dari algoritma yang digunakan facebook terhadap suatu postingan. Dengan demikian, pencarian organik facebook kamu akan meningkat

 

  1. Kualitas konten > Kuantitas Konten

Kamu sendiri tentunya tidak suka jika beranda akun facebook pribadimu dipenuhi oleh postingan promosi orang lain. Hal ini juga berlaku untuk follower kamu di facebook. Membuat postingan secara berlebihan hanya akan membuat follower kamu terganggu dan berpotensi dianggap spamming.

Cukup buat postingan 3x dalam sehari atau 15x dalam seminggu. Membuat postingan secara berlebihan akan berdampak negatif pada follower kamu.

Mereka tidak akan suka apabila beranda mereka berisi promosi anda saja. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam menentukan jumlah postingan.

 

Sumber : https://www.lyfemarketing.com/blog/facebook-organic-reach/