Beriklan dengan google adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengembangkan bisnis, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan profit yang didapat. Google Ads atau yang dikenal luas sebagai Google Adwords merupakan platform advertising (periklanan) online terbesar dan terluas di dunia.

Ada 2 jenis PPC yang ada pada google ads. Anda bisa membuat google adwords yang memberikan tempat bagi iklan kamu untuk menempati urutan teratas dalam hasil pencarian google (SERPs) tergantung dari jenis keyword yang sudah kamu optimalisasi dan bayar.

Dibawah ini terdapat 5 strategi jitu agar iklan kampanye Google Adsmu berjalan dengan baik setelah tayang :

1. Melacak permintaan pelanggan

Salah satu resep mengsukseskan kampanye Google Ads ialah mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Jika apa yang mereka cari tidak sesuai atau relevan dengan produk kamu, maka usaha Google Ads kamu akan menjadi sia-sia. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai kampanye online :

  • Pastikan volume pencarian yang memadai untuk menargetkan pasar kamu
  • Kenali apa yang customer kamu inginkan dan berikan solusinya dengan produk kamu
  • Membuat produk atau jasa yang memiliki permintaan pasar yang tinggi

Begitu kamu mengetahui apa yang mereka mau, anda sudah mencapai titik start yang baik pada bisnis online kamu. Tahapan awal yang tepat ketika mencari produk apa sedang banyak dicari atau memiliki volume pencarian tinggi yaitu melalui fitur Google Trends.

Cari dan bandingkan antara satu produk dengan produk lainnya. Dan lihat seberapa besar minat produk tersebut selama beberapa bulan terakhir.

 

2. Tentukan tujuan utama

Jenis Kampanye Search Engine Marketing apapun pasti memiliki tujuan dan hasil yang diharapkan agar berhasil. Kamu tentunya ingin kampanye google ads meningkatkan profit bisnismu atau menarik lebih banyak lagi customer potensial.

Untuk itu, dalam hal membuat produk kamu lebih dikenal. Pertimbangkan hal-hal berikut ini :

  • Hasil apa yang di harapkan dari kampanye iklan kamu ?
  • Siapa target pelanggan kamu ?
  • Jenis keyword seperti apa yang banyak dicari & relevan dengan bisnismu ?
  • Bagaimana membuat iklanmu relevan dengan keyword yang diketik target pelanggan di google ?
  • Tindaka apa yang ingin kamu lakukan untuk pengunjung ?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan sangat menentukan tujuan utama kamu dan strategi marketing untuk mencapainya.

Google Ads itu sendiri menyediakan beragam opsi untuk menentukan tujuan utama iklan untuk penggunanya. Diantaranya seperti :

  • Sales (Penjualan Produk)

  • Leads (Menghasilkan lebih banyak Lead)

  • Website Traffic (Mendapatkan lebih banyak pengunjung Website)

  • Product and Brand Consideration (Pertimbangan produk dan brand)

  • Brand Awareness and Reach (meningkatkan popularitas brand produk dan jangkauan pelanggan baru)

  • App Promotion (opsi khusus untuk mempromosikan aplikasi)

Kamu juga harus selalu peka terhadap jenis Call to Action apa yang ingin disajikan untuk pelanggan agar menghasilkan kampanye iklan yang jelas & merefleksikan tujuan kamu.

Ads Extension yang ada di Platform tersebut juga sangat bermain peran, dengannya informasi iklan yang tampil akan lebih detail lagi dan memudahkan pelanggan mengambil tindakan.

Jangan lakukan kampanye iklan apapun jika kamu masih belum jelas dalam menentukan tujuan dan mengetahui apa yang kamu butuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik.

 

3. Gunakan Kata kunci yang tepat pada Google Ads

Saat kamu akan menerapkan kampanye iklan, kamu diharuskan memasukan sebanyak mungkin jenis kata kunci yang relevan dengan tema website yang diiklankan untuk hasil terbaik.

Berikut adalah contohnya :

Google Ads akan memberikan kamu beberapa opsi keyword sesuai dengan tema iklan yang kamu ketik sebelumnya.

Pada contoh gambar di atas bertemakan tentang “Jasa Iklan Adwords”. kamu tidak perlu bingung, karena disini secara otomatis google ads akan memberikan beberapa keyword yang sesuai dengan tema “Jasa iklan adwords”.

Kamu dapat menentukan sendiri keyword mana yang memiliki tingkat volume pencarian paling tinggi pada SERPs Google.

Alternatifnya kamu bisa menggunakan juga Latent Semantic Index (LSI). LSI adalah jajaran kata kunci yang biasa muncul dibagian bawah hasil pencarian.

LSI ini sangat cocok apabila kamu kesulitan mencari kata kunci apa yang tepat untuk iklanmu. Opsi kata kunci yang tampil disana memang berdasarkan volume pencarian tertinggi, sehingga kamu tidak perlu ragu memilih salah satunya diiklanmu.

Sebagai tambahan, dibawah ini adalah 3 tipe keyword yang menentukan bagaimana iklan kamu ditampilkan :

Broad match : Broad match merupakan pengaturan default dari google yang disediakan untuk kamu. Tipe ini memungkinkan iklan kamu agar tampil pada pencarian dengan keyword serupa dan relevan seperti sinonim, bentuk tunggal & jamak, Kesalahaan pengejaan, dan Stemming

Broad match memberikan jangkauan audience yang luas namun memiliki kelemahan seperti munculnya iklan anda pada hasil pencarian yang tidak relevan dengan bisnis anda.

Broad match Modifier : Broad Match modifier sama halnya seperti Broad Match namun dengan sedikit modifikasi. Dengan menambahkan simbol “ + ” sebelum keyword, jadi iklan kamu hanya muncul jika audience mengetik keyword yg kamu tentukan setelah simbol “ + ”.

Phrase Match : Phrase Match memungkin google untuk menampilkan iklan dengan keyword pilihan kamu yang memiliki urutan sama. Contohnya jika kamu memilih keyword “ Jasa murah adword” maka iklamu tidak akan tampil apabila audience menginput keyword “ Jasa adword murah”.

Exact Match : Seperti namanya, opsi ini akan memastikan iklan Anda hanya muncul ketika seseorang mencari dengan istilah pencarian yang identik dan mirip dengan keyword pilihan kamu. Misalnya saja bila kamu mengincar kata kunci “Jasa adword murah”, maka iklan kamu tidak akan muncul di hasil pencarian “jasa adword murah seindonesia”.

Iklan hanya akan ditayangkan jika apa yang diketik pengguna Google 100% sama dengan kata kunci yang kamu bidik.

 

4. Optimasi Quality Score Google Ads

Definisi Simplenya Quality Score Google Ads nilai numerik berkisar antara 1-10 terhadap kata kunci yang diberikan. Nilai tersebut menginformasikan si pengiklan seberapa relevan kata kunci, landing page, dan iklannya di mata Google

Semakin kecil score yang diberikan Google, semakin besar kamu harus membayar biaya Pay-Per-Click (PPC). Sedangkan kalo scoremu tinggi, biaya PPC yang harus dibayar lebih sedikit. Quality Score memegang peranan penting dalam menetukan biaya iklan yang harus dikeluarkan dan seberapa kompetitif website kamu untuk dipasarkan.

Walaupun terdengar simpel, namun sebenarnya cukup kompleks. Bisa kamu lihat semakin besar scorenya bukan hanya biaya PPCmu jadi lebih sedikit, hal yang sama juga membantu ranking Ads kelak lebih tinggi lagi.

Nyatanya, kombinasi bid, ads extension, dan Quality Score merupakan trio yang menentukan kualitas iklan di Google Ads.

Kalo biaya bid yang kamu pasang cukup tinggi, Quality Score, dan Extension adsmu pun sama, maka peluang iklan mu memilki ranking tinggi di Google Ads.

Kesimpulannya :

  • Meningkatkan Quality Scoremu = mengurangi biaya CPC
  • Menurunkan bid CPC = mengurangi biaya konversi per kliknya
  • Semakin kecil biaya konversi = Biaya iklan lebih hemat + proses ROI (balik modal) terjadi lebih cepat

5. Kenali Jenis Kompetisi bisnis apa yang sedang dihadapi

Mengetahui tentang apa yang dilakukan pesaing Anda akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan bagaimana menjalan Iklan Adwords anda. Inilah hal-hal yang perlu anda perhatikan untuk menghadapi kompetitor anda:

  • Penggunaan Keyword kompetitor anda
  • Seperti apa CTA yang mereka gunakan
  • Tampilan Landing Page mereka

Dari ketiga hal tersebut bisa disimpulkan bahwa anda siap bersaing dengan mereka dan menyusun dengan pasti Iklan Google Ads seperti apa yang cocok dan efektif. Anda bisa mencari tau tentang kompetitor yang akan anda hadapi pada search engine google seperti berikut .

Calon Kompetitor yang akan dihadapi untuk kata kunci “Jasa SEO”

 

Kampanye Google Ads yang baik mengandung iklan dengan struktur dan konsep yang kuat. Mungkin anda perlu mempertimbangkan menyewa jasa Online Marketing untuk membantu bisnis anda mencapai level yang lebih tinggi.

Sumber : business.com