Memulai bisnis bisa jadi sangat menantang. Dengan pilihan online yang tak ada habisnya, pemilik bisnis dihadapkan pada begitu banyak pilihan tentang apa yang harus mereka lakukan.

Apa yang harus mereka lakukan pertama kali? Nah, setiap bisnis itu unik dan bergantung pada posisi mereka dalam perjalanan atau kategori apa yang mereka geluti. Oleh karena itu, berikut ini terdapat 5 opsi bantuan untuk kamu yang beriklan online tapi bingung harus beriklan dimana.

 

  1.  Google My Business

 

Langkah # 1 simpel dan gratis. Daftarkan email dengan gmail dan google “My Google Business” berikut :

Langkah # 2, daftar ke Google My Business  dan minta Google mengirimkan kode verifikasi kepada kamu.

Langkah # 3 dapatkan verifikasi dan isi setiap opsi yang disediakan Google My Bussines  untuk mengoptimalkan profil kamu. Tautkan juga profilmu ke situs web bisnismu.

Langkah # 4 mengirim permintaan kepada pelanggan kamu sebelumnya untuk memberikan testimonial di profil Google My Business milik kamu.

Ingat, Google menyukai Google, jadi pastikan untuk tetap mengaktifkan akun Google My Business. Cobalah lebih aktif dari pesaing kamu. Periksa dan pantau seberapa aktif pesaing kamu dan ungguli mereka.

 

  1. Facebook Business Page

Langkah # 1, buka Facebook dan navigasi ke”Create Business Page

Langkah # 2 buat Facebook Business Manager

Langkah # 3 isi semua informasi di Halaman dan di manajer bisnis untuk mendapatkan kepercayaan dari Facebook. Lalu Tautkan situs web kamu disana.

Langkah # 4 Verifikasi halaman kamu

Langkah # 5 tautkan akun Instagram bisnis kamu jika ada dan setting juga pengaturan disana agar ditautkan kembali ke facebook page kamu. (opsional)

Langkah # 6 mulai memposting konten ke Halaman Facebook kamu dan Undang orang lain untuk mengunjungi dan menyukai Facebook page baru kamu

Langkah # 7 setelah kamu mengundang mereka ke halaman Facebook Business, minta mereka untuk memberikan ulasan, rekomendasi dan testimonial. Sebab itu semua akan mempengaruhi bagaimana search engine memandang bisnis kamu.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna untuk dipasarkan dengan alat yang menawarkan ketepatan penargetan, tidak heran jika bisnis akan sangat berkembang jika memanfaatkan platform ini.

 

  1. Instagram Business Account

Langkah # 1 unduh aplikasi Instagram ke perangkat yang kamu gunakan. Buat akun dan tautkan akun itu ke laman Facebook Page kamu.

Langkah # 2 konfirmasi bahwa akun instagram  kamu ditautkan ke Facebook dan jika tidak, tautkan ke Facebook Page kamu.

Langkah # 3 optimalkan profil kamu dan buat bio. Cobalah untuk menjadi kreatif dan manfaatkan emoji agar profil tampil unik

Langkah # 4 posting konten kamu secara konsisten. Dan jaga agar kualitasnya tetap baik

Langkah # 5 memposting konten ke Stories di halaman Facebook Page kamu.

Langkah # 6 Tetapkan tujuan. Misal mendapatkan 10.000 pengikut (Follower) sehingga kamu dapat membuka lebih banyak fitur seperti Swipe Up untuk mengunjungi situs web. Memungkinkan kamu mengarahkan traffic ke situs web apa pun yang kamu pilih sebelumnya.

Instagram adalah cara yang bagus untuk menampilkan suara dan elemen visual kamu ke orang-orang yang ditargetkan yang tertarik pada bisnis atau produkmu.

 

  1. LinkedIn Business Page

Langkah # 1 buat Halaman Bisnis LinkedIn

Langkah # 2 optimalkan profil kamu dan tautkan situs web kamu.

Langkah # 3 Mulailah memposting konten terkait bisnis secara teratur. Coba dan gunakan video.

Langkah # 4 minta staf kamu untuk menjadikan halaman bisnis itu sebagai tempat kerja mereka dan untuk membagikan halaman tersebut di profil pribadi mereka.

Linkedin adalah platform super efektif untuk jenis bisnis B2B. Jadi jangan hanya membuat profil pribadi saja disana melainkan mulai bangun profil bisnismu juga.

 

  1. Youtube

Langkah # 1 buat Channel YouTube dengan Gmail yang sama yang kamu gunakan untuk membuat Google MyBussiness.

Langkah # 2 optimalkan setiap opsi di profil kamu dan tautkan situs web kamu.

Langkah # 3 Gunakan branding kamu untuk membuat profil khusus yang bagus bersamaan dengan gambar mini khusus untuk video kamu.

Langkah # 4 mulai memposting video.

Langkah # 5 posting secara konsisten di waktu yang sama setiap minggu.

Cukup sederhana, video adalah salah satu cara paling efektif bagi orang untuk mengonsumsi konten. Sebagai produk Google, gratis dan wajib.

 

Sumber : https://medium.com/@Socialmedia55/top-5-digital-marketing-platforms-for-your-business-e9dd1bc20336