Membangun Mitra Strategis

Salah satu rasa frustrasi terbesar bagi sebagian besar pemasar yang mempelajari Instagram adalah karena mereka tidak tahu cara membangun pengikut atau Follower. Sebab nyatanya tanpa follower yang besar bagaimana bisnis akan efektif kedepannya ?

Meski sekilas terdengar sulit, akan tetapi meningkatkan maupun membangun follower yang ada tidak serumit kelihatannya.

Karena ada satu taktik khusus yang bisa kamu pakai dengan cepat untuk meningkatkan pengikut di Instagram menjadi hingga 10.000 Follower hanya dalam beberapa minggu.

Sebagai awal, coba buat daftar akun instagram yang popular yang menjangkau target audiens yang sama denganmu.

Jika sudah, coba jangkau mereka dan tawarkan hubungan kemitraan untuk melakukan hal yang disebut “Shout-Out”.

Shout-Out itu sendiri merupakan teknik mempromosikan akun instagram orang lain di akun instagram milik kamu sendiri atau berlaku sebaliknya. Shout Out terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

Unpaid Shout-Outs

Juga disebut sebagai “Share for Share”, yaitu dimana kamu dengan pemilik akun instagram lain saling berbagi konten satu sama lain untuk mendorong jumlah follower.

Dengan kata lain kamu mendapat akses baru ke audiens mereka, dan merekapun mendapat audiens baru dari akun kamu.

Unpaid Shout Out umumya bersifat gratis. Namun walau demikian kamu tetap harus focus mencari akun mana yang memang benar-benar relevan dengan niche atau audiens yang kamu targetkan.

Karena akhirya kedua belah pihak harus dan akan mendapatkan keuntungan yang sama.

 

Paid Shout-Outs

Meski membutuhkan biaya, namun Paid Shout Out bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan ribuan pengikut dengan cara yang relatif cepat.

Dengan Paid Shout Out, ia membidik akun yang memiliki jumlah yang jauh lebih tinggi dan tingkat keterlibatan yang kuat (akun di mana 2-3% pengikut mereka “menyukai” konten mereka).

Tetapi pastikan untuk meminta Call to Action (CTA) dalam Paid Shout out, supaya pengikut mereka bisa mengambil tindakan atas sesuatu seperti sekedar mengikuti akun Instagram kamu atau belanja di toko onlinemu.

Bangun Email Marketing

Membangun Email Marketing Dengan Mengkonversi Follower Menjadi Subscriber / Pelanggan

Seperti yang kamu ketahui, Email Marketing sangat penting untuk bisnis yang sedang berkembang.

Karena Daftar email kamu nantinya terdiri dari pelanggan kamu sendiri. Mereka ialah orang-orang yang akan membeli produk dan layanan kamu.

Instagram telah menjadi pendorong penting pelanggan email untuk banyak bisnis.

Banyak perusahaan yang terbantu dalam hal mengkonversi follower menjadi subscriber akibat dari kampanye berbasis Email.

Guna mencapai langkah kedua ini, biografi yang dikemas dengan baik sangat memainkan perannya disini.

Tehnik rahasianya, cukup sisipkan tombol Call to Action (CTA)  dengan URL  yang membawa follower kamu menuju laman tertentu di situs web kamu.

Kemudian konversi pengunjung tersebut dengan memastikan halaman tempat mereka tiba dikemas dengan menarik. Sebagai contoh, kamu bisa mengarahkan mereka kelaman dimana terdapat penawaran khusus di situs web toko online.

Jadi mulai sekarang kemas bio akun instagram bisnis kamu supaya follower kamu juga mengetahui bahwa kamu memiliki situs web bisnis atau yangserupa.

Dengan demikian mereka nanti bisa dikonversi menjadi pelanggan.

 

Membuat Konten Menarik & Patut di Share Orang

Strategi Instagram yang mencakup pembuatan konten yang indah dan mudah dicerna yang tidak hanya beresonansi dengan audiens kamu tetapi juga mendorong mereka untuk mau berbagi dan berinteraksi dengan merek kamu sangatlah penting,

Postingan Instagram yang bagus dapat diringkas menjadi formula, dan membutuhkan dua elemen yaitu gambar yang indah dan teks yang menarik.

Membangun Komunitas Diantara Follower Setia

Keterlibatan (Engagement) datang dalam berbagai bentuk, termasuk pengikut yang membagikan konten kamu, berinteraksi dengannya, menandai teman-teman mereka,

dan mengklik ajakan bertindak (CTA) kamu.

Tampaknya sangat jelas dan sederhana, tetapi terkadang meminta audiens untuk terlibat membuat perbedaan.

Kamu dapat menyertakan tindakan yang kamu ingin pengikut kamu lakukan sebagai bagian dari gambar itu sendiri, atau memasukkannya ke dalam deskripsi postinganmu.

Taktik terbaiknya yaitu melakukan keduanya selama asalkan spesifik dan dapat ditindaklanjuti.

Misalnya, minta mereka untuk “mengetuk dua kali” jika mereka setuju dengan postingan kamu, atau beri tahu mereka untuk menandai teman seperti yang kami lakukan di postingan Foundr berikut :

Instagram adalah platform sosial  media dengan potensi luar biasa untuk bisnis di hampir semua industri.

Dan jika kamu menggunakan Instagram secara strategis, itu dapat berdampak signifikan pada jangkauan audiens kamu, kesadaran merek, dan pada akhirnya pendapatan perusahaan.

Sumber : blog.hubspot.com